Formaci

Formaci, Write up!

Pelatihan menulis berita, esai, resensi, kritik sastra, cerita pendek, terjemahan, investigasi berita, advokasi, fotografi berita, dan pelatihan mengelola serta desain website

 

Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini, penggunaan berbagai jenis media terutama media massa  marak dilakukan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Media massa telah menjelma menjadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi agar mereka memiliki akses informasi untuk menunjang kehidupannya. Di sinilah pers hadir sebagai wadah komunikasi, menjaring, mengolah dan memberikan informasi kepada masyarakat sekaligus berfungsi untuk mengawasi jalannya pemerintahan yang berlangsung. Namun, perkembangan saat ini masyarakat yang merupakan konsumen, telah berubah dan mewujud sebagai ‘pers’ itu sendiri.

Era citizen journalism telah menandai perkembangan dunia jurnalistik saat ini. Kegiatan jurnalistik yang sangat dekat dengan bidang membaca dan menulis sangat diperlukan untuk mengembangkan skill atau kemampuan serta sebagai wadah strategis untuk menunjukkan potensi bagi seorang mahasiswa. Potensi tersebut berupa olah pikir, mewacanakan kritik, menghadirkan komentar publik, serta ilmu penulisan lainnya. Keahlian tersebut sangat diperlukan bagi mahasiswa di masa kini hingga mendatang.  

Dikarenakan pentingnya media massa sebagai sarana yang sangat efektif dan efisien dalam menyediakan dan menyampaikan informasi ke publik. Maka, pelatihan jurnalistik ini, merupakan wadah training yang diharapkan mampu melahirkan mahasiswa yang kritis dan dapat menggali kembali potensi- potensi yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. Sehingga nantinya kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan  perannya kembali, sebagai sebuah elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan dan tentu saja menjadi peluang untuk mengembangkan karir selepas dari dunia kuliah.

Tujuan

  1. Membentuk wadah untuk mengasah potensi mahasiswa, terutama di bidang Jurnalistik.
  2. Memberikan pelatihan redaksional, reportase dan manajemen media bagi mahasiswa.
  3. Memotivasi terbentuknya sebuah lembaga pers yang berkompeten.

Output

Dari Workshop ini diharapkan setiap mahasiswa mampu  menerapkan potensi yang mereka miliki terutama kemampuan jurnalistik mereka, dan dengan keahlian tersebut nantinya mereka dapat menciptakan badan-badan pers yang berkompeten serta menyajikan konten-konten yang kritis. Selain itu juga menjadi pengalaman sekaligus peluang bagi mereka yang ingin melebarkan karir di bidang jurnalistik.

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilakasanakan pada:

Hari : Setiap Rabu

Tanggal : 11 November 2017 – 3 Januari 2018

Waktu : 13.00/15.00 WIB – selesai

Tempat : Aula Forum Mahasiswa Ciputat (Formaci), Jl. Semanggi 1 no. 16 B RT.01/RW03, dekat masjid as-Salam, Ciputat-Tangsel.

Deskripsi Acara

Kegiatan ini berbentuk pelatihan jurnalistik yang meliputi pelatihan menulis esai, berita, kritik sastra, cerita pendek, resensi, terjemahan, pelatihan investigasi berita, pelatihan advokasi, pelatihan mengelola dan desain website, dan pelatihan fotografi berita.

Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernamakan “Formaci, Write up!”

Perserta

  1. Mahasiswa Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  2. Komunitas sekitar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  3. Masyarakat Umum.

Pelaksana Kegiatan

Forum Mahasiswa Ciputat (Formaci). Berikut susunan kepanitiaan terlampir.

Susunan Kepanitiaan

 

Penanggungjawab : Forum Mahasiswa Ciputat (Formaci)

Steering Committe (SC)
Ketua : Emha S. Asror
Sekretaris : Aldo Serena, Rosita Tohir
Anggota : Mella Rosydiana, Fauzan Jamal

Organizing Committe (OC)

Ketua : Dzahir Salam

Sekretaris : Arifian Fajar Putra, Kanzul Fikri

Bendahara : Rifqi Aziz

Kerja Sama Antar Lembaga

Koordinator : Kowi Ahmad
Divisi Acara
Koordinator : Elvi, Alim, dan Ojan Nur Ilahi
Anggota : Forum Mahasiswa Ciputat (Formaci)

Redaksi

Add comment